#RULE01: Font Terbaik yang Wajib Digunakan untuk Websitemu

Blog-Nov-4

 

8 Font yang Bakal Bikin Websitemu Semakin Kekinian

Layaknya fashion dan tempat ngafe, sebuah website juga bisa kamu bikin jadi kekinian lho. Ada banyak aspek yang bisa buat website jadi gaul, salah satunya adalah penggunaan font.
Tanpa kamu sadari, meskipun terlihat kecil, font ternyata sangat berperan penting dalam membentuk kesan website yang kamu buat. Idealnya, font yang dipilih dan digunakan harus sesuai, alias cocok dengan konsep yang ingin kamu terapkan dalam website tersebut. Contohnya, jika kamu ingin menerapkan konsep modern pada websitemu, font yang digunakan bisa dari kalangan sans-serif seperti Arial dan Helvetica.
Nah, berikut adalah 8 font yang dijamin bakal bikin websitemu gaul dan kekinian:

 
1. Open Sans
Termasuk dalam kalangan sans-serif, Open Sans merupakan salah satu jenis font yang memiliki karakteristik netral dan friendly. Karakteristik ini terbentuk dari visual font Open Sans yang tegak lurus dan memiliki bentuk yang terbuka sehingga sangat cocok untuk digunakan pada print, website, dan mobile interfaces. Visual dan karakteristik yang dimiliki oleh Open Sans ini juga mendukung tingkat legibility ketika digunakan sebagai font pada bagian isi sehingga apa yang kamu tulis akan dengan mudah dibaca.

2. Helvetica
Font yang berasal dari kalangan sans-serif dan sangat sering digunakan baik dalam print, website, dan mobile interfaces, Helvetica memiliki karakteristik yang tegas dan modern. Font ini sangat mendukung proses membaca sehingga sangat cocok digunakan sebagai judul dan isi.

3. Futura
Futura diciptakan sebagai font yang mampu memrepresentasikan rasa modern. Font ini juga telah digunakan oleh beberapa brand terkenal seperti IKEA dan Volkswagen sebagai logo type mereka. Bagi kamu yang ingin memberikan kesan modern dan sederhana pada website, font ini sangat cocok untuk digunakan. Seperti tiga font di atas, font ini dapat digunakan baik sebagai judul dan isi karena tingkat legibility yang dimilikinya.

4. Pacifico
Lain halnya dengan 3 font yang sudah dibahas di atas, Pacifico berasal dari kalangan script yang memiliki bentuk visual dari kuas yang memberikan kesan menyenangkan dan non formal. Pacifico hanya dapat digunakan sebagai judul karena memiliki tingkat legibility yang lebih rendah dan disarankan untuk tidak diaplikasikan pada judul yang terdiri atas kalimat panjang. Bagi kamu yang ingin memberikan kesan yang menyenangkan dan modern, Pacifico merupakan salah satu font yang tepat untuk digunakan.

5. Candara
Font Candara memiliki kesan yang sederhana dan humanist. Karakteristik bersemangat dan tidak membosankan membuat font ini cocok untuk digunakan print, website, dan mobile interfaces. Namun, tidak menutup kemungkinan dengan karakteristik tersebut Candara mampu memberikan kesan formal dan modern apabila digunakan sebagai judul dengan huruf capital. Website yang memiliki konsep formal namun ingin tetap terlihat modern dapat menggunakan jenis font ini.

6. Cheltenham
Font Cheltenham telah digunakan oleh The New York Times versi online sejak tahun 2003 baik pada bagian judul dan isi dengan berbagai variasi ukuran. Mereka percaya bahwa font ini mampu memberikan kesan yang tradisional namun tidak ketinggalan jaman serta memiliki tingkat legibility yang kuat sehingga memudahkan pembacanya untuk menyimak berita yang mereka tulis. Apakah kamu juga setuju dengan mereka?

7. Savoy
Apakah kalian pernah membaca majalah fashion Vogue dalam versi online? Savoy merupakan salah satu jenis font yang mereka gunakan pada bagian sub judul dan isi pada majalah online Vogue. Font Savoy memiliki hiasan yang detil dan seakan-akan bergaya kental sehingga sangat cocok untuk digunakan pada majalah high fashion seperti Vogue. Bila kamu sedang membuat website untuk yang berhubungan fashion, kamu dapat mencoba untuk mengaplikasikan jenis font ini.

8. Eames Century Modern
Siapa sangka bila font serif seperti Eames Century Modern dapat memberikan pengalaman membaca yang menyenangkan? Font ini memiliki kesan berseni namun juga praktis dan easy going. Penggunaanya pun dapat diaplikasikan baik pada bagian judul maupun isi. Tertarik untuk mencobanya?

Seluruh font baik dari kalangan serif dan sans serif dapat saling dikombinasikan untuk membentuk kesan tertentu yang kamu butuhkan. 8 font di atas hanya sedikit dari sekian banyak font yang bisa kamu gunakan untuk bikin websitemu jadi gaul dan asik. Kamu bisa eksplorasi font-font lainnya dari beberapa referensi via online dan coba deh diterapkan ke dalam websitemu. Selamat mencoba!

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.