Rumuskan Brandmu dalam 4 Langkah

Mendirikan usaha tentu diikuti proses branding yang dilakukan dengan penerapan strategi sesuai skala dan bidang usahamu. Brand yang kamu rencanakan bisa berhasil, bisa juga gagal mendapat tempat di hati masyarakat. Pekku akan bagikan 4 rumus mensukseskan branding berikut ini.

 

1. Tanya kenapa.

Jika kamu belum punya jawaban dari “Kenapa brandmu ada?” maka kamu akan kesulitan melakukan branding, sebab branding perlu lebih dari sekedar “apa” dan “bagaimana”. Jawaban dari “kenapa” inilah yang akan menjadi pondasi dasar setiap langkah branding yang kamu tempuh. Jawaban ini pula yang akan mengingatkanmu apabila suatu hari nanti kamu harus mengambil keputusan terkait dengan proses brandingmu.

 

2. Rangkai kisah bisnismu.

Setelah menemukan jawaban dari “Kenapa brandmu ada?”, rangkailah benang cerita seputar brand yang sedang kamu bangun. Teknik paling mudah adalah dengan rumus 5W1H alias, “What-Who-Why-When-Where-How” dan analisa SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat). Ikuti dengan mensosialisasikan kisah bisnis ini pada semua orang yang terlibat dalam pembangunan bisnismu. Hal ini bertujuan supaya semua yang telibat memiliki pemahaman dan pondasi yang sama guna menemukan strategi branding yang benar-benar sesuai.

 

3. Luangkan waktu.

Berilah dirimu waktu untuk mengetahui dan mengenal bisnismu secara mendalam, terutama jika kamu baru akan memulai usaha. Pikirkan mengenai tampilan visual dari usahamu, baik logo, font, atau pemilihan warna. Jangan terburu-buru menentukan karena tampilan visual akan menjadi modal utamamu untuk menarik perhatian customer. Dengan gambaran visual yang detail inilah kamu dapat menghemat waktu berkonsultasi dengan designer karena sudah tahu pasti tampilan visual seperti apa yang kamu inginkan.

 

4. Biarkan bertumbuh.

Brand yang kamu ciptakan memang adalah milikmu dan bisnismu, namun kita tidak bisa menyangkal bahwa bisa terjadi perubahan begitu brand tersebut diluncurkan ke pasar. Saat masyarakat mulai terhubung dengan brandmu, mereka bisa menggunakannya dengan cara yang mungkin tak terduga. Masyarakat bisa saja menyarankan perubahan warna, penggantian logo, atau menciptakan hashtag baru terkait bisnismu. Terimalah dinamika tersebut sekalipun tidak sejalan dengan brandingmu sebab sebuah brand akan berkembang dengan adanya ruang untuk bertumbuh.

 

Intinya, sebuah brand harus memiliki makna mengapa dia diciptakan dan diberi ruang untuk tumbuh. Jangan lupa untuk mendekatkan brandmu pada masyarakat, bisa melalui Website atau Media Sosial. Miliki websitemu sendiri hanya dengan Rp 69.000 saja dan jadikan brandmu dikenal. Bisa mendesain suka-suka, harga sangat terjangkau bahkan GRATIS! Hanya Pekku yang bisa begitu. Buktikan sendiri dan jadikan dirimu usahawan sukses bersama Pekku.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2017. PEKKU Instant Website.