Siap Menghadapi Tantangan E-Commerce di Indonesia?

E-commerce atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan perdagangan elektronik berarti proses penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran, barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet.

Saat ini di Indonesia bisnis e-commerce sedang bertumbuh sangat pesat karena adanya perkembangan teknologi yang semakin mudah dijangkau oleh masyarakat kita. Namun demikian, hal tersebut tidak membuat perjalanan para pelaku bisnis lantas menjadi mulus tanpa suatu halangan apapun. Pebisnis online yang tidak siap menghadapi tantangan e-commerce yang ada pun akhirnya merugi bahkan gulung tikar.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya kamu harus mengetahui tantangan apa saja yang mungkin harus dihadapi oleh industri e-commerce di Indonesia.

 

Tingkat Penjualan yang Tidak Sebanding dengan Jumlah Pengguna Internet

Indonesia dikenal sebagai negara dengan penduduk terbesar keempat di dunia dengan 1,79 miliar penduduknya merupakan pengguna internet aktif. Sayangnya, jumlah tersebut tak cukup berdampak terhadap tingkat penjualan bisnis e-commerce di Indonesia. Penyebabnya adalah masih banyak penduduk Indonesia yang belum dapat memahami dan memanfaatkan fasilitas media digital yang ada dengan baik.  Salah satu contoh nyatanya adalah kebiasaan menyimpan uang secara tradisional di rumah. Padahal, industri e-commerce ini sangat berhubungan erat dengan ekonomi digital serta layanan perbankan lain yang biasanya diakses dengan menggunakan internet untuk memudahkan proses jual-beli.

Sebaliknya, beberapa pengamat menyatakan bahwa pertumbuhan nilai penjualan e-commerce di Indonesia diprediksi akan terus bertumbuh dua kali lipat pada beberapa tahun mendatang. Perbaikan berbagai infrastruktur untuk mendukung fasilitas media digital akan terus dilakukan, baik oleh pihak  pemerintah maupun swasta, agar dapat mendukung pertumbuhan bisnis e-commerce. Hal ini dilakukan mengingat bahwa di daerah non perkotaan infrastruktur telekomunikasi masih belum dapat berjalan dengan sempurna.

 

Konsumen Masih Didominasi Oleh Kalangan Profesional

Tantangan e-commerce di Indonesia selanjutnya adalah pemerataan konsumen. Saat ini konsumen e-commerce masih di dominasi oleh kalangan profesional. Hal ini dibuktikan dengan tingginya trafik situs e-commerce pada jam kerja dan terus meningkat di sore hari atau setelah para karyawan selesai istirahat makan siang. Oleh karena itu, diperlukan peran serta semua pihak terkait untuk mengedukasi masyarakat Indonesia lainnya guna mendukung pertumbuhan ekonomi digital.

Cara Konvensional Terlampau Melekat

Sebagai pebisnis online tentu kamu merasakan tantangan ini, yaitu konsumen lebih menyukai belanja online dengan menggunakan cara konvensional seperti melalui grup di layanan pesan singkat BBM, Line, Whatsapp, dan lainnya. Hal ini terjadi karena konsumen merasa lebih nyaman dan percaya untuk melakukan pembelian secara online melalui layanan pesan singkat. Kondisi seperti inilah yang menjadi tantangan bagi para pelaku industri e-commerce di Indonesia untuk bisa melakukan langkah strategis demi mengedukasi pasar agar tidak lagi bergantung dengan layanan pesan singkat dalam bertransaksi.

Keterbatasan Wilayah Pengiriman Produk

Saat ini keberadaan perusahaan pemberi layanan pengiriman barang memang sudah banyak, namun mereka masih mengalami kesulitan menjangkau pengiriman ke daerah pelosok nusantara dikarenakan sarana transportasi serta kondisi jalan yang belum mendukung. Keterbatasan inilah yang menjadi tantangan e-commerce bagi para pelaku bisnis online. Jika pelangganmu tinggal di daerah perkotaan, mungkin tidak ada masalah dengan proses pendistribusian barang, namun sebaliknya jika mereka tinggal di wilayah yang sulit terjangkau maka proses distribusi pun akan berjalan lambat.

 

Pekku Goers, siapkah kamu menghadapi tantangan e-commerce di Indonesia tadi?

 

Tips Pekku:

Pertumbuhan bisnis online di Indonesia yang kian bersaing ketat membuat para pelakunya harus siap menghadapi tantangan e-commerce yang ada. Tantangan terbesar dalam berbisnis online adalah bagaimana konsumenmu dapat percaya dan menuntun mereka untuk membantu mengembangkan bisnismu.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.