Strategi Marketing Berjualan dengan Booth

strategi marketing

Di jaman yang semakin maju ini, banyak usaha dagang yang semakin kreatif dan inovatif dalam hal pengemasan dagangan mereka. Jika dulu sering kita lihat jalanan dikuasai oleh lapak kaki lima biasa, sekarang jalanan telah dikuasai oleh booth. Booth? Apa itu booth? Booth merupakan panggung mini yang diisi beragam aksesoris terkait dengan usaha dagang yang dijalankan. Biasanya booth digunakan sebagai sarana untuk promosi sebuah jasa atau produk dan juga branding dalam sebuah event pameran. Namun, kelihatannya saat ini fungsi booth tidak hanya sebatas untuk even pameran saja. Kebanyakan pebisnis memilih booth karena booth tampil lebih ringkas, praktis dan juga mudah dimodifikasi.

Nah, jika ada Pekku Goers yang ingin mencoba usaha dagang ditempat umum, cobalah menggunakan booth. Namun perlu diperhatikan, setiap strategi dalam dunia bisnis pasti ada ilmu khusus tentang bagaimana cara menarik calon pembeli. Inilah yang akan kita bahas kali ini, yaitu cara sukses berdagang menggunakan booth di tempat umum. Lebih lengkapnya, simak langsung dibawah ini!
1. Tentukan jenis dagangan
Ketika kamu ingin membuka sebuah usaha dagang dengan booth, awali dengan menentukan jenis produk atau dagangan. Kebanyakan booth yang ditemui umumnya memasang produk berupa makanan dan minuman ala barat seperti pizza, kebab, martabak, burger, dll. Namun, tidak ada salahnya juga jika kamu ingin menjual makanan tradisional yang dianggap berbeda.
2. Pilih lokasi
Lokasi menentukan tingkat ramainya pembeli. Salah membaca situasi tempat bisa berakibat pada sepinya konsumen. Pilihlah sebuah lokasi yang dekat dengan pusat keramaian dan pastikan tidak melanggar peraturan sekitar.
3. Desain maksimal
Tampilan sebuah booth berpengaruh terhadap ramainya pembeli. Booth tidak harus besar, usahakan memiliki warna yang terang/mencolok serta bersih. Jika anda berdagang di malam hari, pastikan memiliki system penerangan yang mencukupi. Selain itu, jangan lupa untuk menampilkan produk yang anda jual serta berikan tampilan nama lapak dagang yang jelas dan besar.
Hal yang tidak kalah penting adalah menampilkan gambar dan daftar harga produk. Strategi marketing ini dirasa cukup jitu menarik pembeli.
4. Bekerjasama dengan perusahaan waralaba
Sekarang ada begitu banyak perusahaan waralaba yang menawarkan kerjasama dalam penjualan produk menggunakan booth. Dengan adanya penawaran kerjasama ini, tentunya anda akan semakin mudah untuk persiapan awal. Umumnya, setiap perusahaan waralaba mempunyai beragam paket, sehingga anda bisa dengan mudah menentukan mana yang sesuai dengan kapasitas atau keinginan anda. Saran kami, pilih dan gunakan produk waralaba yang sudah teruji. Jangan lupa pilih yang unik karena ini akan berpengaruh terhadap ramainya konsumen.
5. Ramah
Sebuah hal yang sepele namun ini akan berpengaruh terhadap kelangsungan usaha yang anda miliki. Semakin ramah sikap seorang penjual maka semakin betah seorang pembeli untuk kembali lagi.
Lima hal itulah yang perlu diperhatikan jika kamu ingin membuka sebuah usaha dagang menggunakan booth. Awalnya memang terdengar ribet, namun tidak ada salahnya untuk mencoba. Semoga berhasil Goers!

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.