Strategi Memulai dan Membangun UMKM

Untuk masuk dalam bisnis Usaha Minor Kecil Menengah atau yang biasa disebut UMKM, ada beberapa hal yang dapat kalian lakukan. Berikut Pekku akan memberikan beberapa tips mengenai memulai bisnis UMKM:

1. Mulailah dari kesenangan pribadi.
Carilah usaha yang benar-benar kamu sukai atau yang sesuai dengan kemampuanmu karena itu merupakan modal yang utama. Kemampuan dan kesenangan terhadap suatu pekerjaan akan membuat kamu nyaman untuk melakukan bisnis dan hal itu akan terus berkembang seiring waktu berjalan

2. Mengukur peluang usaha dari usaha baru yang akan dibuat.
Semua usaha baru dimulai karena adanya faktor kebutuhan. Setelah kamu melakukan survey tentang apa yang menjadi kebutuhan pasar mengenai bisnis yang akan dijalankan, keputusan untuk memulai bisnis pun dapat diambil. Jika pasar memiliki nilai potensial maka bisnis dapat dijalankan.

3. Mencari modal dan rekan kerja.
Jika kamu belum mempunyai modal sendiri, kamu perlu menjalin kerja sama dengan pihak lain misalnya dengan peminjaman modal. Seperti yang diketahui bahwa masalah keuangan adalah masalah yang sensitif. Jadi jika hendak bekerja sama dengan orang lain disarankan untuk berhati-hati karena sekarang banyak sekali kasus penipuan. Ketika kamu mempunyai ide dan orang lain yang meminjamkan dananya, sangat dibutuhkan kepercayaan yang tinggi antara keduanya.

4. Terlibat langsung dalam bisnis yang dijalankan.
Jika kamu membuka UMKM untuk pertama kali, usahakan kamu juga ikut terjun langsung dalam mengelola bisnis UMKM-nya. Jika sudah cukup waktu dan para pekerja sudah bisa diberi tanggung jawab, maka wewenang dapat dihandle oleh karyawan. UMKM pada umumnya harus dikelola sendiri oleh owner. Jika sistem administrasi dan organisasi UMKM-mu masih belum kuat, jangan diserahkan kepada karyawan atau orang lain, kamu harus tetap mengawasi untuk menghindari terjadinya penyimpangan.

5. Pemilihan lokasi dan tata letak yang baik.
Hal lain yang juga penting dalam UMKM adalah pemilihan lokasi dan tata letak ruangan. Pemilihan lokasi sangat berpengaruh karena penempatan lokasi yang strategis berpengaruh pada tingkat penjualan. Selain itu, tata letak dan dekorasi ruangan pun juga berpengaruh untuk menarik minat konsumen. Letak yang strategis pun merupakan bentuk promosi yang efektif.

6. Tidak perlu pusing dengan izin dan surat-surat.
Pada awal mendirikan UMKM, kamu tidak perlu memusingkan urusan surat izin karena pengurusan surat-surat tersebut dapat dilakukan sambil usaha berjalan. Perizinan usaha sangat dibutuhkan karena jika usahamu semakin berkembang maka akan mempermudah segala urusan yang berhubungan dengan birokrasi.

Bagi kamu yang masih belum mempunyai pekerjaan, cobalah untuk membuka lapangan pekerjaan yang baru seperti UMKM. Hal ini juga tidak menutup kemungkinan bagi kamu yang sudah bekerja untuk berpeluang membuka UMKM. Membangun UMKM mempunyai tantangan sendiri karena akan banyak sekali pengalaman yang ditemukan.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.