Sukses Berblogging Dengan Target Audience

Pekku Goers, menetapkan target audience dalam dunia blogging adalah salah satu faktor pendukung kesuksesan kamu saat berblogging. Target audience adalah orang-orang yang nantinya akan mengunjungi halaman blog kamu. Dengan demikian maka dalam menulis konten pada blog kamu bisa memilih konten yang paling relevan untuk mereka, tentunya dengan penyampaian melalui gaya bahasa yang bisa dengan mudah dipahami. Berikut ini merupakan 4 langkah yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan target audience yang tepat.

 

Membangun Fondasi

Sebelum mengisi konten pada halaman blog, langkah awal yang harus kamu lakukan adalah membangun fondasi yang kuat. Hal tersebut bertujuan agar sebagai pemilik blog kamu bisa berinteraksi dengan audience. Dalam membangun fondasi tersebut kamu bisa memulainya dengan memikirkan ragam orang yang akan menjadi target audiencemu, seperti usia, gender, suku, latar budaya, pendidikan, agama, serta status sosialnya. Jika kamu telah mempersiapkannya, konten blog yang kamu buat bisa disesuaikan dengan target audiencemu, seperti gaya bahasa, istilah-istilah yang digunakan, hingga panggilan akrab yang mungkin saja kamu ciptakan untuk pembaca setia blogmu.

 

Tentukan Segmentasi Geografisnya

Jika blog yang kamu buat ditujukan untuk pembaca yang ada di Indonesia saja, maka kamu bisa menggunakan bahasa Indonesia sebagai pengantar konten dalam blogmu. Sebaliknya, jika kamu membuat blog yang bisa diakses oleh seluruh penduduk dunia, sebaiknya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Tidak hanya terbatas dalam segi bahasa saja, dalam segmentasi geografis pun kamu harus menentukan pembagian audience berdasarkan wilayah kota, propinsi, desa, dan lainnya. Dengan demikian target audience yang dituju bisa semakin jelas dan memudahkan dalam hal penentuan strategi yang sesuai sehingga bisa menarik perhatian mereka.

 

Perhatikan Psikografis Audience

Setelah menentukan segmentasi geografis dari target audience yang akan dituju, sekarang kamu pun harus memperhatikan sisi psikografis dari audience tersebut. Artinya, kamu juga harus bisa mengidentifikasi hal-hal yang yang berkaitan dengan kepribadian, nilai-nilai dalam hidupnya, sikap, minat, dan juga gaya hidup target audiencemu. Memperhatikan psikografis audience dapat membuat kamu memahami dengan lebih baik konten seperti apa yang dibutuhkan oleh mereka. Sayangnya, tidak ada standarisasi yang jelas tentang dasar psikografis sehingga kamu perlu mempertimbangkan dengan baik tiap target audiencemu, seperti tidak semua lulusan akuntansi berniat untuk kerja sebagai akuntan atau tidak semua perempuan berniat menikah di usia 25 tahun.

 

Mengevaluasi Keputusan Yang Dibuat

Setelah menemukan target audience untuk blogmu, tidak ada salahnya jika kamu melakukan evaluasi terkait keputusan yang telah dibuat. Banyak-banyaklah membaca referensi tentang target audience kamu serta lakukan juga focus group discussion untuk mendapatkan feedback dari pengunjung blogmu. Jangan ragu untuk meminta saran dari blogger lain yang sudah lebih lama ada di dunia blogging demi kemajuan blog yang kamu buat tersebut.

 

Memilih Strategi Yang Sesuai

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah memilih strategi yang sesuai untuk target audience yang akan dituju. Pelajari juga masing-masing kelebihan serta kekurangan yang ada dalam strategi yang akan kamu ambil sehingga benar-benar bisa disesuaikan dengan target audiencemu. Ketika strategi yang dipilih sudah sesuai, tidak menutup kemungkinan jika traffic blogmu akan meningkat. Tetaplah membuka diri untuk menerima kiritik dan saran dari para pengunjung sehingga kamu bisa melakukan perbaikan apabila ada hal yang dianggap mengganggu atau membuat pengunjung blogmu menjadi kurang nyaman.

 

Tips Pekku:

Dalam aktivitas blogging, menentukan target audience merupakan hal yang harus dicermati dengan teliti sebab segala konten yang ada di blog akan dikomunikasikan kepada mereka. Beragam jenis orang-orang memiliki kemungkinan untuk mengakses halaman blog kamu sehingga konten pun harus disesuaikan dengan karakter serta latar belakang pengunjung. Mengetahui target audience dengan tepat bisa mempermudah kamu dalam hal menentukan strategi yang digunakan untuk menarik perhatian mereka dalam mengunjungi halaman blogmu.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.