Tahun Baru Imlek 2566

Sebentar lagi Tahun Baru Imlek akan datang, tepat pada tanggal 19 Februari 2015 sebagian besar warga Tionghoa di dunia akan merayakan datangnya Tahun Baru Imlek ini, tak terkecuali di Indonesia.

Hari Raya Imlek merupakan perayaan besar dan penting bagi etnis Tionghoa. Perayaan ini biasanya berlangsung selama 15 hari. Dimulai dari hari pertama bulan pertama dalam penanggalan Tionghoa yang kemudian akan berakhir dengan Cap Go Meh pada tanggal ke-15 (pada saat bulan purnama) setelah Imlek.

Pada hari raya Imlek, bagi beberapa etnis Tionghoa adalah suatu keharusan untuk melaksanakan pemujaan kepada leluhur, seperti, dalam upacara kematian, memelihara meja abu atau lingwei (lembar papan kayu bertuliskan nama almarhum leluhur), bersembahyang leluhur pada hari Ceng Beng (hari khusus untuk berziarah dan membersihkan kuburan leluhur). Oleh sebab itu, pada hari raya Imlek anggota keluarga akan mengunjungi rumah anggota keluarga yang memelihara lingwei (meja abu) leluhur untuk bersembahyang. Atau mengunjungi rumah abu tempat penitipan lingwei leluhur untuk bersembahyang.

Di negara Indonesia, ada juga beberapa kebiasaan yang di lakukan etnis Tionghoa dalam perayaan Tahun Baru Imlek ini. Salah satunya adalah tradisi untuk buang sial dan undang rezeki dengan persiapan di rumah. Dimulai dengan acara pembersihan rumah secara besar-besaran, bahkan ada yang sengaja mengecat baru semua daun pintu dan jendela. Dilanjutkan dengan memasang berbagai hiasan bernuansa tahun baru Imlek (biasanya berwarna merah dan emas) yang terbuat dari guntingan kertas maupun tempelan kata-kata harapan, seperti “Kebahagiaan”, “Kekayaan”, “Panjang Umur”, serta “Kemakmuran”, yang memang menjadi tradisi Imlek sejak lama.

Seluruh hal ni dimaksudkan untuk membuang segala kesialan serta hawa negatif yang ada dalam rumah, demi memberikan kesegaran serta jalan bagi hawa baik dan rezeki untuk masuk.

Semoga perayaan Tahun Baru Imlek ini dapat berlangsung secara lancar, tanpa hambatan yang berarti dan makna agar penuh pengharapan di tahun baru, yang terkandung dalam Tahun Baru Imlek ini dapat tetap terjaga.

Segenap kru Pekku mengucapkan
Selamat Tahun Baru Imlek 2566 Kongzili.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.