Tanpa Portfolio, Jangan Harap Perusahaan Akan Melirikmu!

Mengapa membutuhkan portfolio saat melamar pekerjaan?

Pekku Goers, beberapa perusahaan meminta portfolio saat kalian melamar pekerjaan tertentu, terutama yang bergerak di bidang kreatif. Portfolio sebenarnya dapat disamakan dengan brosur promosi dari bisnis tertentu. Perbedaanya, jika promosi bisnis berhubungan dengan penjualan produk, portfolio berhubungan dengan kemampuan yang kalian ‘jual’ kepada perusahaan tersebut. 

Saat melamar pekerjaan, portfolio memiliki beberapa fungsi yang akan semakin memperbesar kemungkinan untuk diterima oleh perusahaan. Apa saja fungsinya?

 

Membantumu saat Melakukan Wawancara

Ketika kalian dipanggil untuk melakukan wawancara oleh sebuah perusahaan tertentu, selalu bawalah portfolio bersamamu. Portfolio akan selalu dapat membantumu saat si pewawancara menanyakan proyek apa saja yang sudah kamu kerjakan dan selesaikan. Jika kamu dapat menunjukkan portfolio tersebut, tentu pewawancara akan lebih tertarik karena kalian memperlihatkan hasil pekerjaanmu secara nyata. Sebagai seseorang yang sedang mencari pekerjaan, tentu hal ini juga akan membuatmu terlihat lebih profesional.

 

Memperlihatkan Performa Hasil Karyamu

Sebuah perusahaan yang akan menerima karyawan baru tentu akan membutuhkan informasi mengenai bagaimana performa pekerjaan para pelamar dalam menghasilkan karya. Dari portfolio para pelamar tersebut dapat dilihat apakah hasil karya yang ia telah selesaikan mengalami kemajuan atau tidak. Jika performa si pelamar menunjukkan kemajuan, hal ini menunjukkan bahwa pelamar terus belajar dan mengembangkan kemampuannya hingga menjadi seperti sekarang.

 

Negosiasi Gaji

Portfolio dapat menentukan gaji pelamar tersebut saat telah diterima untuk bekerja di perusahaan tersebut. Jika pelamar memiliki portfolio dengan hasil karya yang menarik, tentu perusahaan akan memberikan tawaran gaji yang sesuai. Sebagai pelamar, kamu juga dapat bernegosiasi mengenai gajimu dengan perusahaan jika kamu yakin kualitas portfolio-mu patut diberi nilai yang lebih.

Portfolio dapat membantu kalian untuk menunjukkan kemampuan, hasil karya, dan prestasi apa saja yang telah diraih pada perusahaan. Selain itu, dalam portfolio, kalian juga dapat menyertakan visi dan misi hidupmu, targetmu di masa depan, kursus dan training tertentu yang telah diikuti, dan surat rekomendasi dari orang-orang yang bergerak di bidang yang memiliki relevansi dengan pekerjaan yang dilamar.

 

Tips Pekku:

Saat ini, kamu tidak lagi harus memiliki portfolio dalam bentuk print. Pekku Goers juga dapat memiliki portfolio secara online melalui website instan milik Pekku. Tentu saja dengan portfolio online, kamu dan perusahaan dapat mengaksesnya kapan pun dan di mana saja.

 

Coba buat portfolio online-mu sekarang di Pekku.com!

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2017. PEKKU Instant Website.