Tips Berbisnis: Produktif dengan Manajemen Waktu yang Baik

Membagi waktu adalah kendala hampir semua pebisnis yang ada, apalagi jika mereka telah memiliki beberapa bisnis yang tersebar di banyak lokasi. Idealnya, sebuah bisnis akan dapat berjalan dengan baik jika pemiliknya memiliki manajemen waktu yang tepat dan memiliki prioritas untuk melakukan hal-hal yang dapat memajukan bisnisnya terlebih dahulu. Namun tahukah kalian bahwa seringkali banyak bisnis menjadi kacau dan terancam bangkrut hanya karena kurangnya manajemen waktu serta prioritas yang benar.

Kali ini, Pekku ingin membagikan beberapa tips sederhana tapi nyata untuk mengatur waktu berbisnismu agar lebih produktif dan efisien:

 

 

  1. Waktu Membaca dan Membalas Email / Chat

 

Email dan chat adalah salah satu media komunikasi yang dapat dilakukan antara pebisnis dan konsumennya. Media ini sangat efektif karena mudah diakses di mana saja. Namun seringkali, banyak waktu yang dihabiskan hanya untuk membaca satu per satu email dan chat tersebut. Untuk mengatasinya, Pekku menyarankan bagi para pebisnis menyediakan waktu luang khusus untuk membaca sekaligus membalas email dan chat yang dirasa tidak terlalu mengganggu aktivitas dasar bisnis. Salah satu contohnya adalah dengan meluangkan waktu di pagi hari sebelum memulai aktivitas bisnis maupun di siang hari saat istirahat untuk membaca dan membalas email serta chat dari konsumen.

 

 

  1. Hindari Multi Tasking

 

Banyak orang yang suka memanfaatkan waktu mereka dengan melakukan beberapa pekerjaan sekaligus. Namun, tidak semua pekerjaan harus dilakukan secara bersamaan karena justru hasilnya tidak maksimal. Di dalam dunia berbisnis, hal yang sama juga sering terjadi. Jika Pekku Goers memiliki banyak kegiatan yang harus dilakukan dan harus mengatur bisnis di saat yang sama, sebaiknya tulislah atau buatlah agenda terlebih dahulu apa saja yang perlu diselesaikan. Tujuan dari membuat agenda kegiatan ini adalah agar kamu dapat tetap fokus dalam mengerjakan pekerjaan yang diprioritaskan untuk dituntaskan hingga selesai. Hal serupa juga didukung oleh hasil penelitian yang dimuat dalam Journal Of Experimental Psychology bahwa dengan melakukan multitasking maka Pekku Goers akan memiliki kemungkinan lebih besar untuk melakukan kesalahan dan proses pekerjaan menjadi 40% lebih lambat daripada normalnya.

 

 

  1. Mengatur Prioritas

 

Prioritas merupakan unsur yang sangat penting untuk diterapkan bagi kamu yang sedang berbisnis. Pekku Goers perlu menyadari dan mengetahui pekerjaan mana yang membutuhkan prioritas utama untuk diselesaikan dan mana yang tidak. Selain itu, usahakan untuk tidak menunda pekerjaan yang seharusnya sudah segera diselesaikan. Bila kalian memiliki waktu lebih, lakukan analisa kecil terhadap kegiatan yang menyita banyak waktu dan dapat masih dapat diminimalkan.  Fokuslah pada pekerjaanmu dengan tidak membuka media sosial yang tidak berkaitan dengan bisnismu dan berlatihlah untuk tidak memberikan perhatian pada hal-hal yang tidak terlalu penting.

 

 

Tips Pekku: Jangan lupa menyertakan kegiatan yang membuat dirimu bersantai sejenak setelah beraktivitas penuh. Perlu diingat bahwa tubuhmu juga memiliki waktu untuk beristirahat agar dapat beraktivitas lebih produktif.

Pekku Goers siap lakukan terobosan baru? Ayo, stop kebiasaan lama dan atur waktumu mulai hari ini!

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.