Tips Membangun Website Portofolio Professional

portofolio

Hay Goers!!! Jika kamu seorang fotografer, desainer atau seseorang yang hobi dalam dunia desain grafis, maka portofolio website-lah yang kamu butuhkan. Website portofolio merupakan cara yang paling cepat dan mudah untuk memamerkan setiap jengkal karya yang kamu miliki. Bahkan sekarang ini website dengan portofolio fisik begitu dicari. Jika anda bukan seorang yang berasal dari dunia online, pastinya akan mengalami kesulitan ketika membangun website portofolio. Agar lebih mudah, berikut akan Pekku berikan beberapa tips untuk membantumu membangun website portofolio professional yang luar biasa.

  1. Be yourself!
    be yourself

    Jangan sekalipun meng-copi site orang lain hanya karena berfikir itu terlihat bagus. Website portofolio merupakan website yang akan menunjukkan siapa kamu, apa yang bisa kamu lakukan dan bagaimana kapasitasmu. Dengan menciptakan sebuah situs yang kreatif dari pemikiran sendiri akan lebih membantu untuk memastikan bahwa pengunjung yang datang adalah mereka yang benar-benar tertarik dengan apa yang kamu miliki.

  2. It’s Me!

    Ketika seorang web visitor mengunjungi sebuah website portofolio, mereka tentunya ingin mengetahui siapa dibaliknya. Ini penting untuk meningkatkan kepercayaan seseorang akan keaslian karya yang dtampilkan. Selain itu, sebuah perusahaan besar lebih suka bekerjasama dengan seseorang yang nyata. Tambahkan profil untuk menunjukkan bahwa kamu benar-benar seorang yang nyata dengan identitas dan style yang khas.

  3. Keep it Quick!

    Mayoritas web visitor menunggu sekitar 3 detik agar sebuah halaman terbuka sebelum akhirnya memutuskan untuk tetap di halaman tersebut atau meninggalkannya. Website portofolio umumnya berisi gambar maupun video sehingga loading halamannya-pun berat jika tidak ditunjang dengan pemilihan hosting yang tepat. Ingat Goers, tidak semua webhost sama. Telitilah untuk menghindari loading halaman yang berat.

  4. Fresh Content
    Fresh content

    Tidak hanya pengunjung yang menyukai fresh content, namun juga search engine seperti Google. Google begitu menyukai konten yang baru dan segar sehingga menjaga konten tetap up-to-date merupakan cara yang tepat untuk meningkatkan trafik.

  5. Create Your Best

    Portofolio website seperti halnya sebuah CV. Kontent didalamnya haruslah up-to-date dan mampu membuat siapa yang melihatnya tahu seberapa besar kemampuan yang kamu miliki. Website portofolio seperti sebuah alat untuk mendemostrasikan talenta serta keprofesionalan seseorang. Karenanya, pastikan menunjukkan karya ataupun keterampilan yang baru ketika itu benar-benar telah siap untuk ditampilkan.

  6. Show your Client!

    Salah satu cara ampuh membuktikan kemampuan yang kamu miliki benar-benar apik dan terpercaya adalah dengan memamerkan siapa saja klien yang pernah bekerjasama denganmu. Ini cara untuk memberitahu calon klien tentang track record yang sudah kamu miliki. Semisal jika kamu pernah bekerja di perusahaan besar, pasti ini akan menjadi nilai plus tersendiri untukmu.

  7. Template
    Desain portfolio

    Selain keenam hal diatas, ada satu hal lagi yang cukup berpengaruh untuk membangun website portofolio, yaitu template. Pemilihan template yang tepat dengan komposisi warna yang pas akan menunjang konten dan karya yang ditampilkan. Dalam kategori ini, pastikan memilih template sesuai dengan konten portofolio milikmu dan jangan lupa pilih yang fast-loading.

Website portofolio merupakan jenis website yang akan memberitahu orang lain tentang siapa dirimu, seberapa banyak pengalaman serta karya yang kamu miliki. Karenanya hindari menjadi orang lain, gunakan style, keahlihan dan kreativitas khas-mu untuk menunjukkan bahwa kamu seseorang yang berbeda dan layak untuk diperhitungkan.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.