Tips Memilih Nama Domain Untuk Website Bisnis

Memilih nama domain adalah salah satu hal paling mendasar ketika kamu hendak membangun website untuk bisnismu. Nama domain merupakan identitas bisnismu di dunia maya, hal ini juga mempengaruhi mesin pencari untuk mengidentifikasi bisnis yang kamu jalankan. Memilih nama domain yang sesuai untuk bisnismu memang membutuhkan pemikiran dan pertimbangan. Tips-tips ala Pekku berikut ini dapat memudahkan kamu dalam memilih nama domain untuk website bisnis yang tidak hanya membuat websitemu mudah ditemukan tetapi juga mudah dipromosikan.

 

Pilih Nama Domain Yang Pendek

Nama domain yang pendek cenderung lebih mudah diingat oleh para pengguna internet. Hal ini juga memudahkan mereka dalam mengeja nama domain website bisnismu. Memilih nama domain yang pendek akan lebih mudah diketik oleh orang yang hendak mengakses website tersebut. Dengan demikian para pengguna internet akan lebih mudah menemukan website bisnismu. Pastikan nama domain yang kamu pilih menggunakan ejaan yang mudah sehingga mengurangi risiko salah ketik yang mengakibatkan websitemu tidak dapat ditemukan di internet.

 

Hindari Penggunaan Angka dan Simbol

Selain memilih nama domain website yang pendek, kamu pun harus menghindari penggunaan angka dan simbol. Jika terdapat angka atau simbol pada brand bisnismu, cobalah untuk membuat nama domain dengan variasi yang berbeda agar lebih mudah dipahami oleh pengguna internet. Terkadang pengguna sering merasa bingung apakah angka yang digunakan berupa angka (5) atau terbilang (lima).

 

Gunakan Nama Domain Secara Efektif

Ada banyak pilihan ekstensi atau akhiran untuk nama domain suatu website, seperti .com, .net, .org dan lain sebagainya. Ada baiknya jika kamu menggunakan nama domain sesuai dengan tujuan website tersebut agar dapat berjalan lebih efektif. Misalnya saja untuk sebuah website perusahan kamu bisa menggunakan .co atau .com, sedangkan untuk website yang bergerak dalam bidang infrastruktur internet kamu dapat menggunakan ekstensi .net.

 

Sertakan Kata Kunci Bisnismu

Tips memilih nama domain untuk website bisnis yang selanjutnya adalah dengan menyertakan kata kunci yang dapat menjelaskan bisnis atau jasa yang kamu tawarkan. Jika kamu seorang pebisnis yang bergerak dibidang sewa mobil, kamu dapat membuat nama domain website myrentcar.com. Hal ini dapat meningkatkan peringkat halaman website pada mesin pencarian dan mempermudah pengunjung untuk memahami bidang bisnismu.

 

Teliti Sebelum Membeli

Sebelum memutuskan untuk membeli suatu nama domain, pastikan kalau kamu sudah meneliti ketersediaan nama tersebut. Pilihlah nama domain yang tidak memiliki merk dagang, hak cipta atau bahkan telah digunakan oleh perusahaan lain. Hal ini bertujuan untuk menghindari pelanggaran hukum dengan sanksi denda cukup besar.

 

Tips Pekku:

Memilih nama domain untuk website memang membutuhkan banyak pertimbangan. Pekku sarankan untuk berdiskusi dengan beberapa orang di sekitarmu dan menanyakan pendapat mereka mengenai nama domain tersebut. Jangan pernah tergesa-gesa dalam memilih nama domain agar tidak menyesal di kemudian hari.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.