Tips Memulai Bisnis Kuliner

Memulai bisnis kuliner mungkin bukanlah hal yang mudah, sebab bisnis kuliner merupakan salah satu jenis bisnis yang paling banyak pesaingnya. Tidak banyak orang yang menggeluti bisnis ini bisa bertahan lama, hanya orang-orang yang sabar dan ulet yang bisa bertahan di tengah derasnya arus persaingan bisnis kuliner yang makin meningkat. Buat Pekku Goers yang ingin memulai bisnis kuliner, tips-tips berikut ini dapat membantu kamu menjadi pebisnis kuliner yang sukses.

 

Buatlah Konsep Yang Menarik

Saat kamu akan memulai sebuah bisnis kuliner, persiapkan sebuah konsep yang unik dan menarik serta memiliki ciri khas tertentu yang berbeda. Jika kamu memiliki konsep yang unik dan menarik, calon pelanggan akan penasaran dengan produk yang kamu jual. Tidaklah heran jika belakangan ini muncul beragam bisnis kuliner dengan nama yang “nyeleneh”, kemasan unik hingga menjadi Instagram-able. Kedua hal tersebut merupakan beberapa cara yang dapat dengan mudah menarik banyak konsumen.

 

Tentukan Menu Andalan

Setelah mendapatkan konsep yang menarik, langkah selanjutnya adalah menentukan menu andalan untuk ditawarkan pada konsumen. Catat daftar menu makanan dan minuman yang banyak digemari masyarakat pada umumnya dan coba untuk berinovasi dengan menu tersebut sehingga dapat tercipta sebuah menu andalan untuk bisnis kulinermu. Jangan ragu untuk melakukan banyak uji coba karena kamu sedang berusaha menjual rasa kepada konsumen.

 

Pilih Lokasi Strategis

Lokasi merupakan salah satu unsur yang tidak kalah penting. Pastikan untuk memilih lokasi usaha yang strategis. Sebuah lokasi dapat dikatakan strategis apabila memiliki pasar potensial yang sedang kamu targetkan dan banyak dikunjungi atau dilalui orang-orang. Perhitungkan dan buatlah perbandingan dari jumlah modal yang harus dikeluarkan untuk menyewa atau membeli tempat usaha. Sejumlah lokasi strategis yang bisa kamu pilih diantaranya berada di dekat sekolah, kampus, perkantoran atau kompleks perumahan. Berikan fasilitas tambahan seperti lahan dengan bebas parkir, AC dan Wi-Fi untuk semakin menarik minat konsumen.

 

Berikan Harga Yang Terjangkau

Jika kamu ingin meraih kesuksesan sebagai pebisnis kuliner, ada baiknya untuk memperhatikan perilaku para konsumen yang cenderung memilih produk dengan harga terjangkau dan seimbang dengan produk yang akan mereka dapatkan. Jangan berikan harga yang tidak sesuai dengan kelas ekonomi konsumenmu, terlebih jika kamu memilih lokasi usaha di dekat sekolah atau kampus. Memberikan produk dengan harga yang terjangkau juga bukan berarti mengesampingkan kualitas. Tetap jaga kebersihan dan kehigienisan produk yang kamu jual secara konsisten agar tidak mengurangi kepercayaan pelanggan akan kualitas produkmu.

 

Lakukan Promosi

Promosi saat ini dapat dilakukan dengan mudah berkat bantuan media sosial. Kamu bisa menggunakan berbagai platform media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram serta website untuk melakukan promosi terkait bisnis kuliner yang kamu jalankan. Selain melalui media sosial, kamu dapat memanfaatkan momen saat acara opening bisnismu dan ikutlah kegiatan seperti bazar untuk memperkenalkan produkmu kepada calon pelanggan serta memperoleh keuntungan. Perlu diingat,  memperkenalkan produk merupakan langkah yang penting dalam membangun bisnis kulinermu.

 

Menjaga Sikap Dan Perilaku

Menjaga sikap dan perilaku saat kamu berhadapan dengan konsumen adalah hal yang harus diperhatikan dan diaplikasikan dalam dunia bisnis apapun termasuk di bidang kuliner. Semakin kamu bersikap sopan dan ramah maka konsumen pun akan merasa nyaman. Sebagai pembeli, kalian juga akan merasa tidak nyaman jika dilayani dengan sikap yang sombong dan tidak ramah, bukan? Perhatikan juga penampilanmu agar selalu rapi, bersih, dan menarik.

 

Tips Pekku:

Pekku Goers, untuk memulai bisnis kuliner sebaiknya kamu terlebih dulu menciptakan konsep yang unik dan menarik dengan matang yang dapat menyajikan terobosan baru yang belum pernah ada sebelumnya. Bila kalian memiliki budget lebih, gunakan branding untuk semakin memperkuat konsep bisnismu. Good luck!

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.