Tips Menciptakan Tagline yang Efektif

Pekku Goers, tagline merupakan salah satu elemen penting dalam sebuah brand. Tagline berisi pernyataan singkat yang dapat mendeskripsikan bisnismu secara umum untuk memudahkan calon pelanggan mengingat brand produkmu dan mengetahui jenis usahamu. Tagline juga merupakan bagian dari konsep kreatif, sehingga pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan jelas. Lantas, bagaimana ya caranya menciptakan tagline yang efektif sehingga dapat menjadi top of mind pelangganmu?

Mainkan Kata agar Berirama

Sebelum menciptakan sebuah tagline, ada baiknya jika kamu memilih kata-kata yang berirama, bersajak, dan memiliki keterkaitan. Tagline dengan kata yang berirama akan lebih menarik dan mudah diingat oleh para pelanggan. Contoh tagline yang mempunyai kata berirama sehingga mudah diingat hingga saat ini adalah milik perusahaan lampu Philips, “Terus terang, Philips terang terus”.

 

Tunjukkan Keunggulan Produk

Tagline dibuat untuk membedakan produk yang kamu miliki dengan milik kompetitor bisnis lainnya. Jika terdapat keunggulan yang tidak dimiliki oleh kompetitormu, sebaiknya kamu perlu menunjukkan keunggulan produk melalui tagline brandmu tersebut. Hal ini bertujuan untuk menciptakan kesan yang baik kepada calon pelanggan agar berminat membeli produk yang kamu tawarkan. Tentunya kamu masih ingat dengan tagline salah satu brand motor ternama yaitu Yamaha “Semakin di depan”. Tagline tersebut menunjukkan keunggulan merk motor Yamaha yang selalu terdepan dalam berinovasi.

 

Tekankan Komitmen Perusahaan

Pada umumnya, tagline juga digunakan untuk menekankan komitmen perusahaan kepada para pelanggan. Terutama jika perusahaanmu bergerak di bidang jasa, maka wajib hukumnya untuk meyakinkan pelanggan agar mempercayai produk jasa yang kamu tawarkan, seperti contoh tagline yang dimiliki oleh dua perusahaan jasa ternama di Indonesia, Prudential “Always listening, always understanding” dan Pegadaian “Mengatasi masalah tanpa masalah”.

 

Buat Sesederhana Mungkin

Tagline yang efektif berarti mempunyai kalimat yang pendek serta mudah untuk dimengerti. Tagline yang dibuat dengan tidak terlalu panjang juga memberikan keuntungan bagi brand produkmu sebab lebih mudah diingat dan terkesan unik. Sudah banyak brand ternama di dunia yang memiliki tagline dengan kalimat yang tergolong sangat pendek namun tetap diingat sepanjang masa, seperti Nike “Just do it”, Apple “Think different”, dan Indomie “Seleraku”.

 

Jangan Berlebihan, Tetaplah Jujur

Dalam menciptakan sebuah tagline, ada baiknya jika tetap menjaga kejujuran sehingga tidak akan merugikan pelanggan di kemudian hari. Mungkin kamu bisa belajar membuat tagline yang jujur dan tidak berlebihan seperti yang dibuat oleh salah satu perusahaan susu di Indonesia, Dancow, “Aku dan kau suka Dancow”.

 

Tips Pekku:

Menciptakan tagline yang mudah diingat sepanjang masa oleh masyarakat di seluruh dunia memang bukanlah hal yang mudah. Membuat kalimat yang berirama dengan tetap menunjukkan keunggulan produk serta komitmen perusahaan adalah salah satu langkah yang tepat untuk dilakukan dalam menciptakan sebuah tagline. Selain itu, kamu juga harus membuat tagline dengan kalimat yang sederhana dan jujur apa adanya supaya masyarakat bisa dengan mudah mengenali brand produkmu hanya dengan mendengar atau membaca taglinenya saja.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Satu Komentar

Tulis komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2017. PEKKU Instant Website.