Tips Meningkatkan Pelayanan untuk Mempertahankan Loyalitas Konsumen

Kepuasan konsumen bukanlah hal yang mudah didapat, namun demikian hal ini tidak mustahil untuk dilakukan. Sebagai pelaku bisnis tentunya kamu dapat mempelajari perbedaan karakter dari setiap konsumen bisnis demi memberikan pelayanan yang terbaik. Hal ini merupakan kunci utama untuk mempertahankan loyalitas konsumen terhadap produk bisnis yang kamu tawarkan. Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan pelayanan demi mempertahankan loyalitas konsumen.

Melakukan Follow Up

Follow up memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap loyalitas konsumen. Jika konsumen tersebut merasa puas dengan pelayanan maupun produk yang ia beli, maka tidak segan-segan akan kembali membeli bahkan merekomendasikan produk bisnis kita kepada rekan-rekan lainnya. Sebaiknya jangan hanya berfokus untuk mendapatkan konsumen baru dalam jumlah yang besar, konsumen tetap pun dapat menjadi ujung tombak langkah pemasaran kita selanjutnya.

 

Memberikan Informasi Produk Secara Jelas

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen adalah dengan memberikan informasi produk secara jelas. Berikan informasi secara lengkap meskipun telah tertulis di dalam brosur maupun katalog produk. Usahakan untuk tidak menggunakan kalimat yang berbelit-belit sehingga membingungkan konsumen. Ingatlah bahwa loyalitas konsumen sangat dipengaruhi dengan loyalitas pelayanan yang kamu berikan termasuk ketika memberikan informasi produk kepada mereka.

 

Biasakan Untuk Menjadi Pendengar yang Baik

Terkadang dalam melakukan penjualan, kamu sering melupakan bahwa ada kebutuhan konsumen yang harus didengarkan. Sehingga jangan segan untuk memberikan waktu pada konsumen menyatakan kebutuhannya. Hal ini juga akan sangat membantu dalam menawarkan produk yang memang sedang mereka butuhkan. Kemampuan menjadi pendengar yang baik sangat diperlukan bagi para pelaku bisnis untuk meningkatkan pelayanan pada para konsumennya.

 

Selalu Bersikap Ramah

Usahakan untuk selalu bersikap ramah kepada semua konsumen untuk memberikan pelayanan yang lebih baik. Ucapkan salam serta berikan senyum ramah saat menyambut pelanggan, demikian pula ketika ada kesalahan yang dilakukan baik berupa kerusakan barang maupun membuat konsumen menunggu lama ucapkan permintaan maaf. Konsumen yang dilayani dengan baik akan dengan sendirinya kembali untuk menggunakan produk bisnis yang kamu tawarkan.

 

Semoga tips-tips tadi dapat membantu kamu dalam meningkatkan pelayanan supaya konsumen dapat tetap mempertahankan loyalitasnya terhadap bisnismu, ya!

 

Tips Pekku:

Untuk mempertahankan loyalitas konsumen diperlukan pelayanan terbaik dari bisnis yang kamu jalankan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti melakukan follow up secara rutin, memberikan informasi produk dengan jelas, membiasakan diri untuk menjadi pendengar yang baik, serta selalu bersikap ramah kepada semua konsumen.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.