Tips Sukses Berpromosi di Sosial Media

Bekerja pada era digital seperti saat ini, kita tidak akan mudah untuk dipisahkan dengan peranan penting sosial media. Sosial media selain menjadi media bertemunya jutaan orang di seluruh dunia melalui internet setiap harinya, ia juga menjadi media untuk sebuah bisnis melakukan sebuah kegiatan promosi bagi bisnisnya. Kegiatan promosi melalui sosial media semakin akrab di telinga masyarakat ketika banyak bermunculan akun sosial media sebuah usaha atau bisnis tertentu. Kesuksesan promosi sosial media mereka juga diiringi dengan kebiasan yang sering mereka lakukan dalam menjalankan sosial media. Apa saja tips sukses berpromosi dan berbisnis di sosial media?

1. Selalu ada perencanaan
Dalam setiap kegiatan yang akan kita lakukan, sebaiknya selalu didahulukan dengan sebuah perencanaan. Tidak terkecuali ketika kita ingin menggunakan sosial media sebagai lahan untuk melakukan promosi bisnis kita. Sekalipun disediakan secara bebas, sosial media tetap memiliki aturannya masing – masing. Dan sebagai salah satu pemain di dalamnya, kita juga harus menggunakan perencanaan dan strategi yang tepat untuk dapat menggunakan sosial media dengan sebagaimana mestinya. Pastikan untuk membuat perencanaan dalam memposting, menanggapi komentar ataupun yang lainnya. Buatlah sebuah jadwal untuk bisa menjadikan diri kita lebih konsisten terhadap apa yang kita lakukan.

2. Memanfaatkan sumber daya
Jika memang merasa kewalahan dalam mengatur dan mengelola sosial media bisnis kamu yang bisa saja lebih dari 3 macam, maka jangan ragu untuk menggunakan sumber daya yang sudah ada. Salah satu sumber daya yang saat ini banyak digunakan adalah aplikasi yang dapat membantu kita dalam menjadwalkan postingan, baik di Facebook, Twitter, blog atau yang lainnya. Dengan begitu kita bisa memaksimalkan waktu kerja kita untuk mengerjakan pekerjaan lainnya.
Namun jika memang kamu memiliki tim yang bertugas untuk mengelola sosial media tersebut, sebaiknya dimanfaatkan secara maksimal. Karena ketika kamu menggunakan sumber daya berupa aplikasi otomatis, ini akan mengurangi interaksi secara langsung dengan pelanggan.

3. Tidak berlebihan
Dalam menggunakan sosial media kita harus selalu bijak. Tidak perlu berlebihan dengan tujuan menarik perhatian dari audiens. Kamu tidak perlu sampai mengunggah banyak foto yang tidak berhubungan dengan apa yang seharusnya menjadi konten bisnis kamu. Boleh saja sebagai selingan kamu mengunggah konten diluar konten bisnis kamu, tapi tetap tidak boleh melebihi porsi dari konten bisnis yang seharusnya menjadi prioritas.

4. Buat strategi konten menarik untuk menjangkau audiens
Audiens membutuhkan sesuatu yang menarik dan tentu saja bermanfaat bagi mereka. Sosial media menjadi media mereka untuk mendapatkan banyak informasi yang tidak mereka tahu dalam dunia nyata. Membuat konten yang pas dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh audiens sosial media kita memang tidak mudah. Tapi selagi kita terus melihat dan mencari apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh audiens untuk dibaca dan penting untuk di share, maka cobalah untuk membuat dan memposting hal tersebut. Konten yang menarik akan membawa banyak audiens untuk melihat konten kita lebih dalam.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.