Tools untuk Mengoptimalkan SEO – 2

Masih ingat topik Pekku sebelumnya? Yup, pada waktu lalu Pekku membahas mengenai Google Analytics yang dapat kamu gunakan untuk membantu meningkatkan SEO websitemu. Kali ini Pekku akan membahas lebih dalam mengenai Google Keyword Planner.

 

Google Keyword Planner

Setiap website owner seharusnya mengetahui cara melakukan riset kata kunci dengan menggunakan Google Keyword Planner. Kenapa? Karena itu akan membantu kita mengukur potensi trafik yang bisa kita peroleh. Riset kata kunci di Google Keyword Planner adalah sesuatu yang penting, sebelum Anda membuang-buang waktu Anda dan kecewa atas hasil yang Anda peroleh karena kata kunci tidak optimal.

Berikut adalah langkah-langkah yang untuk menggunakan Google Keyword Planner:

  • Mendaftarkan akun Google Anda pada AdWords
  • Jika Anda sudah mempunyai sebuah akun Google, maka Anda cukup melakukan prosedur di bawah ini untuk mendapatkan sebuah akun Adwords (sebuah customer ID).
  • Masuk ke http://adwords.google.com/
  • Anda akan diminta melakukan login dengan menggunakan akun dan password gmail.

login google keyword planner

 

  • Pilih Zona Waktu dan setelahnya klik CONTINUE

 

pilih zona waktu

 

  • Tunggu pesan bahwa Anda sudah berhasil membuat akun dan klik link untuk membuka akun adwords Anda.

 

pesan pemberitahuan

 

  • Cara menggunakan Google Keyword Planner untuk melakukan riset kata kunci
  • Setelah masuk ke halaman ADWORDS klik menu TOOLS AND ANALYSIS, akan muncul drop down yang menampilkan KEYWORD PLANNER, klik sub menu tersebut.

pengaturan menu

 

  • Pada halaman baru klik Search for new keyword and ad group ideas.

langkah membuat keyword baru

 

  • Masukkan kata kunci yang anda inginkan pada formulir, lalu ubah lokasi dan bahasa menjadi Indonesia (jika target anda hanyalah pasar domestik). Setelah itu klik GET IDEAS.

mengatur target google adword

 

  • Pada halaman hasil, klik tab KEYWORD IDEAS untuk menampilkan daftar panjang.
  • Jika anda pebisnis online, maka klik AVG.MONTHLY SEARCHES untuk memperlihatkan kata kunci dengan pencarian terbanyak.
  • Jika anda pencari uang dari memasang iklan Adsense, maka klik AVG.CPC untuk memperlihatkan kata kunci dengan bayaran termahal.

Tampilan AVG pada Google AdWords

 


Oleh karena Avg. Monthly Searches adalah parameter jumlah pencarian kata kunci, maka nilai inilah yang harus menjadi fokus utama perhatian anda. Ada dua hal yang perlu Anda ketahui tentang nilai dari Avg. Monthly Searches ini, yaitu:

  • Google menampilkan hasill pencarian exact. Yang dimaksud dengan exact adalah jumlah pencarian yang dilakukan dengan memasukkan kata kunci yang benar-benar sama persis dengan yang anda ketikkan saat melakukan riset.
  • Oleh karena hasilnya adalah exact, maka Anda harus mencoba memasukkan beberapa variasi lain dari kata kunci Anda untuk menemukan jumlah pencarian yang sebesar-besarnya dari riset kata kunci ini.

 

Bagaimana kalau misalnya setelah banyak variasi dan hasilnya tetap kecil? Anda bisa memperluas wilayah dengan membahas masalah-masalah lain yang masih cukup berkaitan dengan topik anda saat ini. Jadi anda bisa mendapatkan trafik tambahan dari kata kunci “perluasan” tersebut. Untuk mengkonversinya, pastikan Anda memasang banner yang menarik perhatian.

 

Yuk mulai bermain dengan Google Keyword Planner. Tunggu artikel selanjutnya yang akan membahas implementasi SEO ke dalam Pekku ya.

 

Oleh: Yohanes Raymond.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.