Tren Online Marketing 2017 yang Wajib Kamu Tahu

Online marketing adalah sistem pemasaran yang menggunakan media internet sebagai alat dalam aktivitas marketnya. Selanjutnya online marketing berkembang tidak hanya menggunakan sarana website dalam aktifitasnya. Email marketing dan social media marketing adalah beberapa contoh jenis online marketing yang sekarang ramai digunakan. Memasuki tahun baru 2017 inilah beberapa tren online marketing yang perlu diperhatikan untuk bisnis kamu.

Influencer Pemasaran

Belakangan ini banyak muncul influencer di media-media sosial yang muncul dengan produk atau jasa yang dipromosikan. Di Instagram sendiri, muncul istilah selebgram atau selebriti instagram, yaitu orang-orang yang memiliki banyak pengikut dan cukup berpengaruh di media sosial tersebut. Konsumen menggunakan dan mempercayai bukti sosial dari merek dan produk  jika digunakan oleh seseorang selebriti favorit atau blogger dalam mempromosikan produk. Bahkan jika bisnis kamu memiliki anggaran pemasaran yang kecil, kamu dapat membangun hubungan dengan influencer yang tidak selalu memerlukan uang sebagai pembayaran.

Live Streaming

Live streaming telah datang dan telah menjadi tren sejak tahun lalu. Sejak banyak operator yang berlomba-loma menawarkan internet cepat 4G yang dibundling dengan kapasitas kuota besar, namun dengan harga yang lebih hemat fitur ini semakin diminati para pelaku bisnis untuk mempromosikan produknya melalui live streaming. Tidak hanya itu, operator banyak bekerja sama dengan penyedia konten seperti layanan musik streaming dan video streaming, sehingga pengguna layanan tersebut melonjak. Itu sebabnya, pemasaran digital dalam bentuk live video streaming juga diprediksi akan meningkat di tahun ini.

Content Marketing

Banyak yang sudah mendengar content marketing, tetapi sangat sedikit yang memahami dan menjalaninya dengan benar. Kebanyakan orang berpikir kalau content marketing itu hanyalah menuliskan artikel atau yang bisa dibeli murah dari jasa penulis artikel yang menjamur di internet, lalu pasang di website atau blog. Padahal content marketing itu tidak hanya terbatas dalam bentuk artikel, tetapi bisa juga dalam bentuk infographic, video, download file, dan sebagainya. Content marketing juga harus memiliki objektif yang jelas, misalnya meningkatkan brand awareness, berpotensi viral, meningkatkan reputasi, interaksi, dan sebagainya.

Itulah beberapa tren online marketing 2017 yang diprediksi akan diminati oleh banyak pelaku bisnis online untuk meningkatkan trafik penjualannya. Kamu tertarik untuk melakukannya? Semoga berhasil ya, Pekku Goers!

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.