Trik Sukses Mengadakan Kontes di Instagram Untuk Meningkatkan Engagements

Mengadakan kontes di Instagram dipercaya dapat meningkatkan engagements dalam waktu yang relatif singkat. Media sosial yang juga merupakan wadah berbagi foto dan video pendek tersebut saat ini telah menjadi bagian dari pemasaran digital yang banyak dilakukan oleh para pelaku bisnis online. Nah, kamu berencana mengadakan kontes di Instagram? Berikut ini trik-trik sukses yang bisa kamu lakukan untuk mendapat jumlah engagements yang maksimal.

 

 

Kontes Like to Win

Kontes di Instagram yang paling banyak digunakan adalah Like to win, artinya kamu hanya meminta pengikut akun Instagrammu untuk memberikan Like pada foto yang diunggah. Trik ini merupakan cara termudah untuk memperbanyak jumlah Like dan pengikut. Untuk menggunakan kontes ini, sebaiknya menambahkan persyaratan tambahan seperti menandai sejumlah pengguna lain untuk meningkatkan engagements agar akun bisnismu semakin terkenal.

 

Kontes User-Generated Content (UCG)

Pada umumnya, kontes ini lebih dikenal dengan sebutan kontes hashtag user. Di dalam kontes ini, pengguna Instagram yang ingin mengikuti kontes diwajibkan membagi foto atau video mereka dengan menggunakan hashtag yang telah kamu tentukan terlebih dulu. Semakin banyak pengguna Instagram yang mengikuti kontes tersebut, maka tidak menutup kemungkinan akan membuat pengguna lain untuk tertarik mengikuti kontes tersebut. Untuk menggunakan kontes ini, sebisa mungkin menghindari pemberian terlalu banyak persyaratan seperti keharusan menandai teman atau menggunakan terlalu banyak hashtag.

 

Kontes Repost

Selain dua jenis kontes Instagram di atas, kamu juga bisa loh mengadakan kontes Repost. Untuk mengikuti kontes ini, peserta diwajibkan untuk memposting ulang foto yang telah diupload bersama dengan caption dan hashtag yang sama persis dengan yang diupload oleh pemilik pertama. Semakin banyak jumlah Like yang diperoleh pada foto hasil Repost tersebut maka orang tersebutlah yang akan memenangkan hadiah.

 

Kontes Giveaway

Giveaway adalah sebuah kontes yang dilakukan dengan cara memberikan hadiah gratis kepada siapa saja sesuai dengan produk yang telah dijanjikan. Akan tetapi, peserta harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku untuk menerima hadiah gratis tersebut. Pada umumnya, peserta diharuskan memberikan ulasan atau mengajak pengguna lain untuk mencoba produk tersebut. Selain meningkatkan engagements di Instagram, kontes yang satu ini juga dapat meningkatkan nilai penjualan produk bisnismu, loh!

 

Tips Pekku:

Sebelum mengadakan kontes di Instagram, sebaiknya terlebih dulu berikan informasi mengenai kontes yang akan dijalankan. Sebarkan pula kontes tersebut pada akun media sosial lainnya untuk memperbanyak jumlah peserta. Jangan lupa untuk mengunggah foto pemenang kontes di akun Instagram dan pastikan kamu sudah menandai akun pemenang tersebut. Jangan lupa, selalu ucapkan terima kasih kepada peserta lain yang sudah ikut bergabung di kontesmu ya, Pekku Goers.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.