Warna Merkmu adalah Kamu dan Bisnismu – bagian 1

“Tentu saja, aku memilih warna itu sebagai warna dominan dari merkku karena aku suka warna itu.” Bukan itu yang Pekku maksud, walau nyatanya ada orang yang memilih warna dominan untuk branding sesuai dengan warna favorit pribadi mereka. Yang suka hijau, memilih hijau sebagai warna logo. Pecinta merah, menjadikan merah warna dominan di websitenya. Lalu apakah pemilik brand terkenal Coca Cola suka warna merah hanya karena logo dan warna dominan kalengnya adalah merah? BELUM TENTU. Namun, tahukan kamu bahwa warna dominan bisnismu memiliki arti lain selain “pemilik usaha ini suka warna tertentu sehingga usaha kami berwarna demikian”?

 

Warna memiliki keterkaitan psikologis dalam branding, menjadikan pemilihan warna dominan sangat krusial dan tidak bisa dilakukan berdasarkan favoritism. Warna juga memiliki asosiasi berbeda dalam budaya ataupun industri berbeda, namun Pekku akan rangkumkan asosiasi 4 warna di Indonesia seperti berikut ini.

BIRU: Biru adalah perlambang kepercayaan, tanggung jawab, dan rasa aman. Karena sering diasosiasikan dengan langit atau laut, biru menjadi warna yang tenang dan umumnya disukai. Usaha di bidang finansial menggunakan warna ini sebagai lambang kepercayaan, misalnya Bank Mandiri.

 

MERAH: Warna merah cenderung mendorong aktivitas fisik, karena itu merah dianggap sebagai warna yang agresif, enerjik, dan menarik perhatian. Karena itulah Coca Cola memilih warna ini sebagaimana iklannya menampilkan orang-orang yang menjadi bersemangat setelah mengkonsumsi produknya.

 

HIJAU: Umumnya hijau melambangkan kesehatan, kesegaran, dan ketenangan hati. Rumah sakit sering menggunakan warna hijau untuk logo mereka, misalnya Rumah Sakit Mitra Keluarga.

 

UNGU: Ini adalah warna yang “Pekku banget” sebab ungu diasosiasikan dengan kreativitas, pesona, dan keanggunan. Cocok dengan bidang usaha Pekku yakni creative industry. Warna ini pun kami pilih sebagai warna dominan pada website, dan logo Pekku di media sosial seperti Facebook, Twitter, dan YouTube.

Itu baru 4 warna saja, Pekku akan bahas warna-warna lainnya dalam artikel lainnya. Nantikan terus update terbaru dari Pekku dan manfaatkan tips-tipsnya supaya bisnismu makin berhasil.

Salam sukses dari Pekku!

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2017. PEKKU Instant Website.