Website Berkualitas untuk Pengalaman Pengguna yang Lebih Optimal

 

Apakah kalian pernah melihat website yang terlalu padat isinya hingga tidak dapat menemukan fokus yang diinginkan? Atau pernahkah kalian menemukan website yang tidak menyediakan konten grafis yang menarik sehingga kalian memutuskan untuk menutup halaman website tersebut? Seringkali kesalahan sederhana ini menjadi sumber penyebab mengapa pengunjung dan trafik sebuah website tidak dapat maksimal, bahkan hingga harus ditutup.

 

Bagi Pekku Goers yang telah memiliki website, baik untuk kepentingan personal maupun bisnis, sebaiknya perhatikan beberapa poin penting di bawah ini agar tidak terjadi kesalahan yang berakibat fatal:


 

Teks/font

 

Ketika mendesain sebuah website, seorang desainer yang baik tidak hanya memperhatikan elemen grafis seperti gambar dan warna saja namun juga penempatan teks. Teks adalah bagian penting di dalam website yang akan menyampaikan tujuan dari website itu sendiri. Bila penempatan teks tidak sesuai atau tidak enak dipandang, maka pengunjung website tidak akan tertarik untuk membaca.

 

Beberapa unsur penting yang perlu diperhatikan ketika menempatkan teks pada website:

  1. Ukuran font dari teks sebaiknya tidak terlalu kecil agar mudah dibaca.

  2. Gunakan jenis font yang mudah untuk dibaca. Pekku sarankan untuk menggunakan jenis font serif atau sans-serif yang memiliki tingkat keterbacaan tinggi.

  3. Warna dari font sebaiknya tidak terlalu terang, seperti warna neon dan kuning. Perhatikan juga pada penggunaan warna dalam teks agar pembaca dapat mengidentifikasikannya sebagai konten yang bukan link.

  4. Tandai teks yang ingin ditekankan dengan bold atau italic seperlunya saja.


 

Gambar

 

Salah satu kesalahan terbesar yang sering terjadi dalam mendesain website adalah dengan meletakkan gambar berukuran terlalu besar dalam website. Hal ini dapat menyebabkan halaman situsmu terasa sangat lama saat dibuka, terutama bagi mereka yang belum menggunakan koneksi internet cepat.

 

Hal yang tidak boleh dilupakan saat kalian ingin menampilkan gambar di dalam website:

  1. Kapasitas ukuran gambar yang tidak membutuhkan tempat penyimpanan terlalu banyak.

  2. Ukuran gambar yang telah disesuaikan dengan layar pengguna (komputer, laptop, smartphone, dan tablet).

  3. Gambar yang memiliki hubungan dengan topik pembahasan konten.


 

Website yang terlalu padat

 

Website yang memiliki konten terlalu padat akan sangat mengganggu kenyamanan pengunjung. Selain mengacaukan fokus pengunjung websitemu, website yang terlalu padat akan mengurangi keindahan estetisnya. Di bawah ini adalah elemen dalam website yang sebaiknya tidak digunakan secara berlebihan dan bahkan tidak diperlukan sama sekali:

1. Iklan yang terlalu banyak.

2. Pop up yang sering muncul di setiap halaman dan bahkan setiap klik .

3. Tombol yang berkedip-kedip / beterbangan.

4. Musik yang dijadikan latar belakang website.


 

Konten dengan materi berhak cipta / copas

 

Baik website maupun blog pasti memiliki konten yang dengan topik tertentu untuk di bahas. Seringkali Pekku Goers yang berkerja sebagai penulis akan membutuhkan referensi dengan membaca konten website dan blog lain, bukan? Membaca konten website atau blog orang lain sebagai referensi bukanlah hal yang salah. Namun, bila kamu hanya menyalin konten website atau blog lain tersebut dan mengakuinya serta menampilkannya pada website milikmu sendiri, tentu hal itu adalah salah. Selain websitemu akan terancam untuk ditutup selamanya oleh Google, kamu juga akan dikenakan pasal pelanggaran hak cipta. Oleh karena itu, perhatikan kembali sebelum kamu menampilkan konten di dalam websitemu.

 

Tips Pekku: Saat ini, banyak pengguna internet yang menggunakan kecanggihan teknologi smartphone dan tablet untuk membuka berbagai website yang diinginkan. Bila kamu ingin membangun sebuah website, Pekku sarankan untuk membuat situs yang juga menyediakan fitur mobile friendly atau responsive agar dapat dinikmati oleh pengguna di mana saja dan kapan pun mereka berada.

Bagi kamu yang menggunakan Pekku.com untuk membangun websitemu sendiri, Pekku telah memiliki fitur mobile friendly yang dapat kamu terapkan agar halaman situsmu semakin mudah diakses oleh pengguna internet.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.