Yuk! Hemat Space Hosting Pada Websitemu Melalui Cara-Cara Ini

Bagi para pelaku bisnis online, memiliki website dengan menggunakan hosting terbilang lebih aman dan bebas dalam pengelolaannya meskipun membutuhkan dana tambahan untuk menyewa hosting website. Sayangnya, kapasitas yang ada pada sebuah hosting terbatas untuk setiap websitenya. Kamu pun harus pandai-pandai memakai hosting secara efektif agar website bisnismu tetap berjalan dengan baik pula. Cara-cara ini dapat membantumu menghemat space hosting pada website, loh!

 

Menghapus Email atau File yang Tidak Terpakai

Biasanya, untuk meningkatkan kredibilitas suatu perusahaan, maka setiap karyawan akan dibuatkan webmail. Padahal email serta file-file yang ada di dalamnya memiliki kapasitas yang cukup besar dalam menghabiskan space hosting pada websitemu. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menghapus email atau file yang sudah tidak terpakai lagi secara rutin minimal satu kali dalam seminggu.

 

Hindari Penggunaan Plugin Translator

Jika website bisnismu menggunakan plugin translator, sebaiknya hanya untuk menggunakan bahasa yang diperlukan dan hapus lainnya. Hal itu disebabkan oleh cache translator membutuhkan space hosting lebih besar dari pada situs aslinya. Jadi coba bayangkan jika kamu memasang 5 bahasa, maka itu sama dengan memasang 5 situs sekaligus. Pilih bahasa yang memang benar-benar dibutuhkan oleh pengunjung website bisnismu nantinya.

 

Gunakan Tema Sederhana dan Minim Gambar

Untuk menarik perhatian pengunjung website, biasanya pebisnis online menggunakan tema yang mengandalkan permainan warna serta gambar yang sesuai dengan bisnis yang dijalankan. Padahal, tema dan gambar juga memakan cukup banyak space hosting pada websitemu. Ada baiknya jika tema serta gambar-gambar yang sudah tidak dipakai dihapus sehingga pemakaian hosting dapat lebih ditekan.

Optimasi Database

Database pada sebuah website membutuhkan space hosting yang cukup besar. Untuk menghemat ketersediaan ruang yang ada, kamu dapat menghapus revision dan tabel plugin yang sudah tidak digunakan lagi. Selain itu, optimasi database yang kamu lakukan juga dapat meringankan loading website seperti yang sudah pernah dijelaskan oleh tim Pekku beberapa waktu yang lalu:

Mengoptimasi Database WordPress Untuk Meringankan Loading Website

 

Nah, sudah tahu kan cara-cara efektif yang dapat kamu lakukan untuk menghemat space hosting pada websitemu. Tunggu apalagi? Yuk! Terapkan sekarang juga pada website bisnis onlinemu.

 

Tips Pekku:

Pekku Goers, menghemat space hosting pada website dapat dilakukan dengan cara menghapus email atau file yang tidak terpakai serta menghindari penggunaan plugin translator. Kamu juga dapat menggunakan tema sederhana dengan gambar yang tidak terlalu banyak untuk mengurangi penggunaan space hosting yang cukup besar. Terakhir, lakukan juga optimasi database pada website bisnismu, ya!

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.