Apa Itu Swiss Style Typography?

Pekku Goers, sudah tentu sebagai seorang desainer grafis kamu harus mempelajari gaya-gaya desain grafis yang ada di seluruh dunia, salah satunya adalah Swiss Style Typography. Gaya desain yang satu ini menekankan pada kerapian, keramahan mata, mudah dibaca, serta objektivitas. Swiss Style Typography banyak digunakan dalam pembuatan desain untuk tanda-tanda jalan, peta, dan iklan layanan masyarakat. Gaya yang dipopulerkan oleh banyak desainer grafis asal Swiss, Rusia, dan Jerman ini mudah diidentifikasi terhadap kesederhanaan dan nasihat untuk keindahan dan tujuan pembuatan desain grafis. Kedua prinsip ini sering diwujudkan dalam penggunaan layout asimetris, grid, tipografi sans–serif, left flushes (rata kiri) dan sederhana namun berdampak fotografi. Unsur-unsur ini diproduksi dengan cara yang sederhana namun sangat logis, terstruktur, kaku dan harmonis. Yuk! Kita kenali Swiss Style Typography lebih mendalam lagi.

Penggunaan Spasi (Whitespace)

Penggunaan spasi dalam sebuah desain grafis merupakan hal yang sangat penting dan harus diperhatikan dengan sungguh-sungguh. Hal ini membuat setiap elemen dalam desain akan menghasilkan dampak visual dan mudah dibaca. Untuk halaman website, menggunakan teknik ini secara halus akan mempengaruhi pembaca untuk berpikir bahwa ada susunan di halaman website yang bisa menyampaikan kesan lebih baik. Seorang desainer grafis yang menggunakan Swiss Style Typography mempercayai bahwa pekerjaan akan menjadi lebih sempurna jika ada yang harus dihapus dalam sebuah desain yang mereka buat. Jadi, alih-alih menambah sebuah elemen, mereka malah melakukan hal yang sebaliknya.

 

Konsistensi Ukuran dan Bentuk

Swiss Style Typography memperhatikan penggunaan elemen desain yang seragam dan angka geometris untuk menjaga konsistensi bentuk dan ukuran yang dibuat. Kebanyakan desainer grafis dengan gaya ini mempraktekan penggunaan susunan bentuk bersama untuk membentuk desain abstrak yang unik. Selain itu, warna, manipulasi teks dan perangkat abstrak juga dikombinasikan dengan bentuk untuk menghasilkan pesan yang sangat jelas kepada penikmatnya.

 

Desain Minimalis

Menggunakan desain yang minimal untuk membuat pembaca lebih fokus pada apa yang benar-benar penting adalah tujuan utama dari Swiss Style Typography. Semakin sedikit gangguan, semakin baik. Menghapus semua elemen yang mengganggu, membuat dasar dan hanya menyisakan rincian penting adalah prinsip dasar dari gaya desain ini. Hal ini untuk memastikan apakah tujuan utama dari desain yang dibuat telah terpenuhi.

 

Berorientasi Pada Informasi

Swiss Style Typography berorientasi pada informasi. Inilah sebabnya mengapa desainer harus memikirkan pekerjaan dalam penyebaran informasi lebih dari apapun. Pesan harus dikirimkan sebelum orang-orang terhibur dengan keindahannya. Swiss Style Typography harus lebih fokus pada penataan semantik data daripada penempatan estetika itu sendiri. Para pembaca tipografi harus merasa seperti mereka membaca daripada melihat. Desainer grafis yang menggunakan gaya ini benar-benar mempelajari data tersebut daripada menghargainya.

 

Pemilihan Jenis Huruf

Jenis huruf yang digunakan oleh seorang desainer grafis merupakan elemen inti dari sebuah komunikasi visual, sehingga harus menggunakan jenis huruf yang paling tepat dan mudah untuk digunakan dalam menyampaikan pesan. Pada umumnya, Swiss Style Typography menggunakan tipografi sans–serif yang memiliki kuas lebar dan ukuran stroke. Bentuk umum dari jenis ini adalah jenis huruf Helvetica.

 

Semoga informasi ini bermanfaat dan menginspirasi kamu dalam membuat desain website, ya!

 

 

Tips Pekku:

Mengetahui gaya-gaya desain yang ada lebih jauh akan membantumu mendalami kemampuan desain grafis. Ingatlah, menjadi desainer itu bukan hanya membuat desain dengan keindahan visual yang tinggi, tapi juga dalam desain yang kamu buat bisa menjadi sebuah solusi dari masalah-masalah yang dihadapi publik maupun klienmu.

 

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.