Ingin Menjadi Desainer Website Hebat? Kenali 5 Shortcut Terbaik Photoshop

Sebagai seorang desainer website, tentunya kamu sudah akrab dengan aplikasi editor gambar bernama Photoshop, bukan? Dengan beragam pilihan menu yang dapat digunakan untuk memudahkan pekerjaanmu dalam membuat sebuah desain website, Photoshop banyak menawarkan kelebihan-kelebihan lain, seperti dengan adanya beberapa shortcut yang dapat digunakan ketika kamu tidak ingin melakukan klik menu maupun klik kanan. Nah, berikut ini merupakan 5 shortcut terbaik Photoshop yang sudah seharusnya kamu hafal.

Mengisi Layer

Untuk mengisi layer pada Photoshop, kamu dapat menggunakan menu Edit > Fill dan kemudian memilih isiannya dengan pola, warna tertentu, maupun memberikan warna untuk background dan foreground. Shortcut Photoshop yang sudah pasti kamu kenal akrab salah satunya adalah Alt + Delete atau Ctrl + Delete untuk mengisi layer dengan pemberian warna untuk background dan foreground desain website yang dibuat.

 

Meratakan Layer

Saat kamu ingin meratakan layer, kamu bisa menyatukan semuanya dengan menekan Ctrl + E untuk menggabungkan layer aktif dengan layer di bawahnya. Jika ingin menyatukan semua pixel terlihat ke dalam satu layer, tanpa mempengaruhi layer-layer yang sudah ada, tekan Ctrl + Shift + Alt + E. Sebaliknya, jika kamu ingin membuang semua layer dan menjadikannya satu layer saja, tekan Ctrl + Shift + E.

 

Menduplikasi Layer

Terkadang seorang desainer membutuhkan layer duplikasi untuk memudahkan pengerjaan desainnya, sehingga shortcut Photoshop berupa Ctrl + J dapat kamu gunakan untuk menduplikasi layer aktif. Perlu diingat bahwa J berarti Jump, sehingga layer yang diduplikasi seolah meloncat. Namun, apabila kamu memiliki area terseleksi, tekan Ctrl + Shift + J untuk memotongnya ke layer baru. Efeknya sama seperti perintah Layer > New > Layer via Cut. Cara lain menduplikasi layer adalah dengan menggesernya ke atas ikon New Layer atau dengan klik kanan dan pilih Duplicate Layer. Tentu saja, ini cara kuno yang menghabiskan waktu 2 detik

 

Mengatur Ukuran Brush

Shortcut photoshop lain yang dapat kamu gunakan dalam membuat desain website adalah dengan menggunakan tombol [ atau ] untuk memperkecil atau memperbesar ukuran brush. Ini berlaku semua tool yang berbasis brush, misalnya Tool Brush, Pencil, Eraser, Dodge, dan lain-lain. Jika ditambahkan Shift, jadi Shift + ] dan Shift + [, maka kamu akan mengatur Hardness atau Flowtool yang sedang aktif.

 

Modifikasi Seleksi

Pada saat membuat desain, kamu dapat menekan Spasi ketika membuat seleksi untuk menggesernya. Jika sudah ada seleksi, lalu kamu ingin menambahkan seleksi baru, tahan Shift. Untuk mengurangi, gunakan Alt dan untuk membuat perpotongan seleksi tahan Shift + Alt. Shortcut Photoshop ini lebih mudah diingat, bukan?

 

Sudah siapkah kamu menjadi desainer website hebat dengan beberapa shortcut terbaik Photoshop tadi?

 

 

Tips Pekku:

Mengenali penggunaan shortcut Photoshop dapat memudahkan seorang desainer grafis dalam menyelesaikan pekerjaannya. Selain menghemat waktu, cara ini terbilang lebih mudah jika dibandingkan dengan ketika kamu harus menghafal letak semua menu editor yang ada di Photoshop. Mulai sekarang kamu bisa mengisi, meratakan, dan menduplikasi layer dengan shortcut yang seharusnya sudah kamu hafal dengan baik. Selain itu, kamu juga bisa mengatur ukuran brush dan modifikasi seleksi pada Photoshop dengan shortcut-shortcut di atas. Selamat mencoba ya!

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2017. PEKKU Instant Website.