Promo Diskon Mempengaruhi Peningkatan Penjualan

Pekku Goers, memberikan promo diskon pada bisnismu dapat mempengaruhi peningkatan penjualan. Hal ini dikarenakan masyarakat cenderung tertarik melakukan pembelian ketika bisnis yang kamu jalankan memberikan promo diskon. Ada beragam promo diskon yang dapat kamu berikan seperti berupa potongan harga sebesar 20 – 50% maupun pembelian dengan jumlah tertentu untuk memperoleh promo diskon. Namun demikian, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika hendak memberikan promo diskon. Apa saja hal-hal tersebut?

Konsep Buy 1 Get 1 Free

Hanya dengan tulisan “buy 1 get 1 free” maka pelanggan akan lebih bersemangat dalam melakukan pembelian, bahkan bagi orang-orang yang tidak berniat untuk melakukan pembelian pun konsep ini cukup memiliki pengaruh yang besar. Promo diskon beli satu gratis satu merupakan awal yang cukup ampuh untuk menarik perhatian pelanggan. Secara psikologis, ketika pelanggan mengetahui bahwa mereka tidak akan mengeluarkan biaya tambahan lagi untuk barang kedua, maka mereka akan termotivasi untuk melakukan pembelian.

 

Penawaran Spesial

Promo diskon berupa penawaran spesial biasanya diberikan ketika pelanggan telah melakukan pembelian dengan jumlah nominal tertentu, maka pada pembelian selanjutnya ia berhak memperoleh potongan harga sesuai dengan yang berlaku. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap minat pelanggan untuk melakukan pembelian lagi terhadap produk yang kamu tawarkan. Sebaiknya kamu memberikan penawaran spesial pada pelanggan yang memang telah melakukan pembelian dalam jumlah yang cukup besar untuk meminimalisir kerugian yang mungkin kamu dapatkan.

 

Angka Ajaib #99

Percaya atau tidak, memberikan promo diskon pada item yang memiliki harga jual dengan akhiran angka ajaib yaitu 99 justru lebih menarik minat beli pelanggan. Sering kita jumpai suatu produk dijual dengan akhiran angka 99, misalnya .99, inilah yang disebut psikolog dengan meninggalkan efek digit, dimana pelanggan cenderung hanya fokus pada dua angka depan saja. Misalnya, pelanggan lebih tertarik membeli produk dengan harga 49.999 IDR dibandingkan dengan 50.000 IDR. Mengakhiri produk dengan harga berupa angka ajaib 99 merupakan sesuatu hal yang menarik pelanggan.

 

Meningkatkan Nilai untuk Harga yang Sama

Promo diskon jenis ini umumnya dilakukan oleh pengusaha makanan maupun produk kebersihan. Pelanggan akan tertarik melakukan pembelian ketika pada kemasan produk tertulis 30% lebih banyak dengan harga jual yang sama. Terlebih bagi mereka yang cukup cermat dalam mengeluarkan uang, hal ini tentu dapat meningkatkan minat beli terhadap suatu produk.

 

Tips Pekku:

Promo diskon yang dilakukan dengan tepat tentu dapat meningkatkan angka penjualan suatu produk. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memberikan promo diskon berupa pembelian 1 gratis satu, penawaran spesial, menetapkan harga dengan angka ajaib #99, serta meningkatkan nilai produk untuk harga yang sama.  Sesuaikan promo diskon yang kamu berikan dengan kondisi perusahaan untuk menghindari kemungkinan terjadinya kerugian.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Copyright © 2014. PEKKU Instant Website.