SEO YOUTUBE: Cara menarik orang-orang menonton videomu

Siapa di antara Pekku Goers yang aktif sebagai Youtuber? Apakah kalian sering mengalami  saat telah mengunggah video di Youtube namun jumlah ‘views’mu masih tetap kurang?

Jangan khawatir, kami punya tips yang ampuh menarik orang untuk menonton videomu!

  1. Beri Videomu Title dengan Kata Kunci

 

Hampir sama dengan mesin pencarian Google, Kata kunci SEO Youtube merupakan hal yang sangat penting dan tidak dapat diabaikan. Kamu wajib menempatkan kata kunci yang di targetkan pada judul video yang akan diupload. Usahakan penempatan kata kunci tersebut didepan judul. Sebagai contoh, kata kunci utama kamu adalah ‘Tips membuat kue tanpa menggunakan oven’. Kalimat tersebut berperan sebagai kata kunci utama.

Selanjutnya, kamu juga dapat menambahkan kata kunci turunan, seperti ‘Kue coklat tanpa oven’. Kata kunci turunan yang di gunakan dapat memancing/menarik perhatian orang agar ingin mengklik video Anda.

 

  1. Membuat Deskripsi Video

 

Jika Pekku Goers pernah memperhatikan, dibawah tampilan video pada halaman YouTube terdapat sebuah kolom deskripsi yang biasanya dimanfaatkan untuk memberi keterengan lengkap tentang video yang sedang diakses. Sedikit tips dari Pekku, kamu dapat memanfaatkan kolom deskripsi tersebut dengan menuliskan keterangan lengkap beserta kata kunci dengan jumlah penggunaan 4-8 kali. Jika kata kunci ini digunakan terlalu berlebihan akan memberikan kesan yang tidak baik, sedangkan jika terlalu sedikit maka tidak akan bekerja dengan efektif. Apabila kata kunci yang dipakai tidak terlalu panjang, kamu dapat meletakkan kata kunci pada awal deskripsi dan jika ada diikuti dengan link video milikmu. Sama dengan tips di atas, fungsi deskripsi semacam ini setidaknya hampir sama dengan meta description pada mesin pencarian Google.

 

  1. Gunakan Tag di Kolom Deskripsi

 

Mungkin kamu sering menemukan video pada YouTube dengan penulisan tag cukup banyak pada kolom deskripsinya. Biasanya penulisan tag ini diletakkan setelah tulisan deskripsi utama. Sebagai contoh untuk kata kunci utama pada video ‘Kue coklat tanpa oven’, maka tag yang dapat ditulis diantaranya adalah ‘Resep kue tanpa oven’, ‘Masak kue enak dan mudah’, ‘Kue coklat tanpa repot’, ‘Resep coklat’, dan sebagainya. Di dalam menuliskan tag, kamu perlu mengetahui strategi agar dapat menempatkan satu kata kunci dan diikuti dengan beberapa kata kunci turunan yang cocok dan banyak dicari.

 

  1. Melengkapi Elemen Penting Lainnya

 

Walaupun terlihat kecil, elemen thumbnail video pada halaman YouTube memiliki kemampuan untuk menarik perhatian pengunjung. Thumbnail video yang baik, relevan dengan judul, dan meyakinkan mampu meningkatkan tingkat ketertarikan  pengunjung sebelum mengklik.  

 

Selain itu, elemen penting lainnya adalah menempatkan video pada kategori yang sesuai dengan target audience. Di dalam Youtube, kamu dapat mengkategorikan videomu apakah termasuk dalam genre pendidikan, musik, hiburan, dan olahraga. Melalui penempatan video yang sesuai dengan target audience, trafikmu juga akan mendapatkan dampak yang positif pula.

 

Tips dari Pekku: Bila video Youtube milikmu mendapatkan komentar dari pengunjung, ada baiknya jika kamu segera memberikan respon. Tanpa kamu sadari, komentar dan respon yang  saling diberikan dapat berpengaruh terhadap tingkat popularitas videomu itu.

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2017. PEKKU Instant Website.