Tren Web Design di Tahun 2015

Pekku Goers, adakah di antara kalian yang bekerja di bidang industri kreatif digital? Menurut kalian, tren desain website apa saja yang telah disajikan selama tahun 2015 ini?

Yuk, kita intip kembali tren dalam mendesain website yang sering digunakan di tahun 2015 ini:

  1. Website dengan jumlah scroll yang lebih banyak

Pernahkah kalian menyadari banyak website yang memiliki halaman yang cukup panjang dan membutuhkan beberapa kali scroll untuk mencapai bagian paling bawah? Beberapa website dari brand terkenal seperti Apple menggunakan halaman yang cukup panjang pada website mereka untuk menyuguhkan konten yang berguna bagi pengunjungnya. Panjangnya halaman dalam website ini dinilai lebih memudahkan pengunjung saat mereka ingin melihat isi konten daripada harus menekan tombol link yang menghubungkan ke halaman baru dari website lain.

 

  1. Animasi Interaktif

Daripada hanya sekedar klik biasa, desain website di tahun 2015 memberikan alternatif lain, yaitu animasi yang tampil saat melakukan scrolling, hovering, dan loading. Animasi tersebut dapat berupa perubahan warna pada tipografi, elemen bidang, pola dan sebagainya. Jika kamu perhatikan pada website tertentu, kamu dapat melihat animasi semacam ini. Melalui animasi ini, website akan terasa lebih interatif, atraktif, dan unik.

 

  1. Mengurangi penggunaan header dan foto berukuran besar

Salah satu tren di tahun 2015 adalah dengan menghilangkan header website dan mengganti foto berukuran besar dengan permainan elemen tipografi dan warna. Mungkin beberapa dari kamu belum pernah melihatnya tetapi alternatif desain seperti ini sangat disarankan bagi kamu yang ingin meminimalkan waktu loading websitemu sehingga pengunjung dapat mengaksesnya dengan cepat dan mudah.

 

  1. Interaksi sederhana dengan pengunjung

Jika kalian pernah melihat website yang menampilkan kata-kata sapaan di halaman utamanya, seperti “Hello”, “Hi There!”, dan sebagainya dengan disertai tombol yang membutuhkan interaksi pengunjung seperti  “Continue” dan “What’s Up”, ini adalah termasuk salah satu desain yang menjadi tren di dunia digital. Sebenarnya, tujuan dari interaksi sederhana yang diletakkan pada halaman utama website adalah untuk mengetahui dan menilai hal-hal yang akan dijadikan analisa apakah tujuan dari website tersebut telah tercapai atau tidak. Berikut adalah beberapa informasi yang ingin didapat dari penampilan kata sapaan di halaman utama website:

– Mengkomunikasikan feedback dari pengunjung

– Melihat interaksi yang dilakukan oleh pengunjung

 

  1. Desain Flat yang lebih beragam

Desain website bergaya flat cukup dinikmati oleh banyak orang. Website yang bergaaya desain seperti ini dinilai mampu memberikan kesan bersih, minimalis dan sederhana. Di tahun 2015, desain flat memiliki jenis baru yang disebut dengan material design. Material Design mampu memberikan kesan yang sama dengan desain flat tetapi menggunakan elemen grafis yang lebih banyak. Kelebihan dari material design adalah dapat memberikan efek kedalaman pada background sehingga terlihat lebih hidup daripada desain flat biasa.

 

  1. Desain website yang lebih responsif

Seiring dengan perkembangan gadget, desain website dituntut untuk dapat menyesuaikan dengan ukuran layar berbagai gadget tersebut. Bila dahulu website hanya dapat dinikmati dengan maksimal di komputer dan laptop, kini dengan desain website yang responsif dapat meningkatkan kenyamanan pengunjung untuk mengakses website tersebut di mana saja dan kapan pun.

 

Nah, Pekku Goers, tren desain mana yang sudah kamu gunakan untuk mendesain websitemu di tahun 2015 ini?

Mengenai penulis

Tim Pekku

Kami adalah sekumpulan orang muda kreatif yang suka berbagi tips-tips seputar bisnis & web design.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Copyright © 2017. PEKKU Instant Website.